Memunculkan file yang disembunyikan Virus

“Menjengkelkan!” barangkali itu ungkapan yang sering diucapkan oleh teman-teman ketika berurusan dengan makhluk bernama “virus”. Sebetulnya sih tidak tepat kalau disebut mahkluk karena virus sebenarnya hanya sebuah program buatan manusia. Kok ada ya.. manusia usil yang menciptakan program yang merugikan bagi orang lain? Kadang efeknya sampai menimbulkan ketakutan pengguna komputer, terutama yang masih awam.pernah ada suatu kejadian disuatu pelatihan seorang peserta mati –matian laptopnya gak boleh dicolokin flashdis milik orang lain karena takut tertular Virus.bagus juga sih untuk pencegahan tapi kan kasian temannya kalau mau minta ngopy file gak bisa.ada lagi cerita lucu, gara-gara fobia dengan virus seorang ibu membungkus Flashsdisnya dengan kantong plastik rapat-rapat mungkin tujuannya barangkali biar tidak tertular virus.

Kok jadi out of topik ya…! Kembali kemasalah, jika komputer kita kebetulan sedang diserang virus maka kadang kita mengalami banyak folder yang tidak bisa dibuka. Itu terjadi karena folder yang kita buka sebetulnya folder yang dibuat oleh virus (biasanya berbentuk shortcut yang ukurannya 1 kb) sedangkan folder yang menjadi milik kita sebenarnya dihilangkan atau disembunyikan oleh virus.jadi misalnya data diflasdis kita mendadak hilang karena diserang virus maka jangan buru-buru menformat flashdis karena data anda sebenarnya masih ada didalam flashdis akan tetapi dalam kondisi hiden atua disembunyikan oleh virus.

Langkah pertama klik kanan pada tombol start – klik eksplore maka akan muncul jendela dibawah ini

Selanjutnya klik pada tombol tool – folder option hingga muncul jendela baru – klik pada tombol view maka akan tampil serti ini:

Hilangkan tanda centang yang dilingkari merah jika ada warning tekan yes saja, selanjutnya pada “hiden file and folder”  pilih show hiden file and folder selanjutnya tekan oke.terus kita tengok file kita yang ada diflasdis maka akan kelihatan folder kita yang warnanya buram. Sekarang kita selamatkan isi folder kita dengan menempatkannya pada folder baru yang akan kita buat.mengapa harus folder baru karena folder yang lama sudah dirusak virus sehingga centang pada hiden filenya tidak dapat dihilangkan.langsung saja klik kanan – new – folder trus beri nama dengan nama yang mirip dengan folder lam (jangan sama persis) kemudian kita masuk pada folder lama, tekan ctlr +A untuk menyeleksi semua file dalam folder terus tekan ctlr+X selanjutnya buka folder yang baru saja kita buat selanjutnya tekan ctlr+V maka semua isi folder lama akan otomatis pindah di folder yang baru. maka jika kita membuka flasdis kita di komputer teman file kita tidak akan hilang lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: